Biodata Dosen
image
Nama : Dr. Muhammad Satriawan, M.Pd.
Jenis Kelamin : L
Program Studi : S1 Pendidikan Fisika
Jabatan Fungsional :
Pendidikan Tertinggi : S3
Status Ikatan Kerja : Dosen
Status Aktivitas : Aktif

Riwayat Aktivitas Dosen
Semester Nama Matakuliah Sks Matakuliah Program Studi
2022/2023 Gasal Fisika Umum 3 S1 Biologi
2022/2023 Gasal Perencanaan Pembelajaran 2 S1 Pendidikan Fisika
2022/2023 Gasal Pengembangan Bahan Ajar 2 S1 Pendidikan Fisika
2022/2023 Gasal Sistem Pengukuran Fisika 2 S1 Fisika
2022/2023 Gasal Fisika Umum 3 S1 Kimia
2022/2023 Genap Multimedia 2 S1 Pendidikan Fisika
2022/2023 Genap Pengembangan Bahan Ajar 2 S1 Pendidikan Fisika
2022/2023 Genap KETERAMPILAN MENGAJAR & PEMBELAJARAN MIKRO 2 S1 Pendidikan Fisika
2022/2023 Genap Literasi Fisika 2 S1 Pendidikan Fisika
2022/2023 Genap Teori Belajar 2 S1 Pendidikan Fisika
2022/2023 Genap Media Pembelajaran Fisika 2 S1 Pendidikan Fisika
2022/2023 Genap Fisika Dasar II 4 S1 Pendidikan Fisika
2022/2023 Genap ENGLISH FOR PHYSICS 3 S1 Pendidikan Fisika
2022/2023 Genap Konservasi Sumber Daya Alam 2 S1 Pendidikan Fisika
2022/2023 Genap Kewirausahaan 2 S1 Pendidikan Fisika
2022/2023 Genap Publikasi Ilmiah 2 S2 Pendidikan Sains
2022/2023 Genap Konservasi Sumber Daya Alam 2 S1 Fisika
2023/2024 Gasal Fisika Umum 3 S1 Pendidikan Biologi
2023/2024 Gasal Sistem Pengukuran Fisika 2 S1 Fisika
2023/2024 Gasal Fisika Dasar I 4 S1 Pendidikan Fisika
2023/2024 Gasal PLP-Pengembangan Bahan Ajar 3 S1 Pendidikan Fisika
2023/2024 Gasal Perencanaan Pembelajaran 2 S1 Pendidikan Fisika
2023/2024 Gasal Kewirausahaan 2 S1 Pendidikan Fisika
2023/2024 Gasal Dasar Kependidikan 2 S1 Pendidikan Fisika
2023/2024 Gasal Pengembangan Bahan Ajar 2 S1 Pendidikan Fisika
2023/2024 Gasal Sistem Pengukuran Fisika 2 S1 Pendidikan Fisika
2023/2024 Gasal Publikasi Ilmiah 2 S2 Pendidikan Sains
2023/2024 Genap KETERAMPILAN MENGAJAR & PEMBELAJARAN MIKRO 2 S1 Pendidikan Fisika
2023/2024 Genap Media Pembelajaran Fisika 2 S1 Pendidikan Fisika
2023/2024 Genap Teori Belajar 2 S1 Pendidikan Fisika
2023/2024 Genap Listrik Magnet 3 S1 Pendidikan Fisika
2023/2024 Genap ENGLISH FOR PHYSICS 3 S1 Pendidikan Fisika
2023/2024 Genap Fisika Audiovisual 2 S1 Pendidikan Fisika
2023/2024 Genap Konservasi Sumber Daya Alam 2 S1 Pendidikan Fisika
2023/2024 Genap Konservasi Sumber Daya Alam 2 S1 Fisika
2023/2024 Genap Edupreneur Fisika 2 S2 Pendidikan Fisika
2024/2025 Gasal Kewirausahaan 2 S1 Pendidikan Fisika
2024/2025 Gasal Kurikulum Sekolah 2 S1 Pendidikan Fisika
2024/2025 Gasal KETERAMPILAN MENGAJAR & PEMBELAJARAN MIKRO 2 S1 Pendidikan Fisika
2024/2025 Gasal Mekanika 4 S1 Pendidikan Fisika
2024/2025 Gasal Sistem Pengukuran Fisika 2 S1 Fisika
2024/2025 Gasal Fisika Umum 3 S1 Pendidikan Biologi
2024/2025 Gasal Publikasi Ilmiah 2 S2 Pendidikan Sains
2024/2025 Gasal KAJIAN PENELITIAN DAN INOVASI PENDIDIKAN FISIKA 3 S2 Pendidikan Fisika
2024/2025 Genap KETERAMPILAN MENGAJAR & PEMBELAJARAN MIKRO 2 S1 Pendidikan Fisika
2024/2025 Genap Metodologi Penelitian 3 S1 Pendidikan Fisika
2024/2025 Genap Pengembangan Bahan Ajar 2 S1 Pendidikan Fisika
2024/2025 Genap Media Pembelajaran Fisika 2 S1 Pendidikan Fisika
2024/2025 Genap Listrik Magnet 3 S1 Pendidikan Fisika
2024/2025 Genap Edupreneur Fisika 2 S2 Pendidikan Fisika
2024/2025 Genap Publikasi Ilmiah Pendidikan Fisika 2 S2 Pendidikan Fisika
2024/2025 Genap Konservasi Sumber Daya Alam 2 S1 Fisika
2024/2025 Genap Publikasi Ilmiah (Scientific Publication) 4 S2 Pendidikan Sains
2024/2025 Genap Publikasi Ilmiah 2 S2 Pendidikan Sains
Nipd Nama Mahasiswa Program Studi Angkatan
23030184083 DIKA ADI YULIANI S1 Pendidikan Fisika 2023
23030184094 RAKHMAT MAULANA SYAHPUTRA S1 Pendidikan Fisika 2023
23030184089 ANGELICA GABRIEL SEPTIANA S1 Pendidikan Fisika 2023
23030184087 ACHMAD CHANIFUDDIN S1 Pendidikan Fisika 2023
23030184093 MUHAMMAD RAFI GEO HARIONO S1 Pendidikan Fisika 2023
23030184084 LOLITA YUSNIA MACHFIROH S1 Pendidikan Fisika 2023
23030184097 ECHA BALQIS PUTRI ERNOWO S1 Pendidikan Fisika 2023
23030184079 CUT ANDHINI NEDA DASCHA S1 Pendidikan Fisika 2023
23030184092 RULY KUSUMA S1 Pendidikan Fisika 2023
23030184099 MUHAMMAD FUAD FATH YAWIDI S1 Pendidikan Fisika 2023
23030184081 HISYAM ABYAN ZUHAIRI S1 Pendidikan Fisika 2023
23030184090 FILDZA FIRDAUS S1 Pendidikan Fisika 2023
23030184102 DEA VERAWATI S1 Pendidikan Fisika 2023
23030184096 ANIDA HANJAS PUTRI S1 Pendidikan Fisika 2023
23030184101 NINDY IFTITAH AININA S1 Pendidikan Fisika 2023
23030184078 TARUNA BUDHI DHARMA PUTRA S1 Pendidikan Fisika 2023
23030184091 NOVIA DWI APRILIANA S1 Pendidikan Fisika 2023
23030184100 DELLA ALIEFIA JOVANCA FHIYANNI S1 Pendidikan Fisika 2023
23030184086 AISYAH KAMALIA HILWAH S1 Pendidikan Fisika 2023
23030184080 MARSA EKA HERLINA S1 Pendidikan Fisika 2023
24030184082 SEKAR AYU WIDURI S1 Pendidikan Fisika 2024
24030184086 IMAM HAROMAIN ASY'ARI S1 Pendidikan Fisika 2024
24030184085 MUCHAMMAD BIMA ADITYA S1 Pendidikan Fisika 2024
24030184083 AZIA NAZEILA MAHARANI S1 Pendidikan Fisika 2024
24030184084 NAJMAATUS ZEHIROH S1 Pendidikan Fisika 2024
Fungsional
Nama Jabatan No Sk Tmt Jabatan Tgl Berakhir
Dosen/Tenaga Pengajar 747/UN38/HK/KP/2022 01-08-2022 30-06-2023
Asisten Ahli 1242/UN38/KP/2023 01-07-2023 31-08-2024
Jenjang Bidang Studi Nama Instansi Tahun Masuk Tahun Keluar
S3 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA 2017 2021
Tahun Judul Kegiatan Sumber Data
2017 Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Kontekstual Dengan Mengintegrasikan Kearifan Lokal Mbojo Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Peserta Didik Penelitian Kompetitif Nasional ( PDP/Dosen Pemula ) Simlitabmas
2018 PENGEMBANGAN PERANGKAT FISIKA MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS KARAKTER MAJA LABO DAHU UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA Penelitian Kompetitif Nasional ( PDP/Dosen Pemula ) Simlitabmas
2018 Pengembangan Model Pembelajaran Berkarakter Berorientasi Education For Sustainable Development (ESD) Untuk Membentuk Generasi Emas yang Berkarakter dan Berwawasan Berkelanjutan Penelitian Kompetitif Nasional ( PSN Institusi ) Simlitabmas
2019 Pengembangan Model Pembelajaran Berkarakter Berorientasi Education For Sustainable Development (ESD) Untuk Membentuk Generasi Emas yang Berkarakter dan Berwawasan Berkelanjutan Penelitian Kompetitif Nasional ( PT ) Simlitabmas
2020 WAVE ENERGY LEARNING PROJECT UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA Penelitian Kompetitif Nasional ( PPS-PDD ) Simlitabmas
2023 PERSEPSI CALON GURU FISIKA TENTANG TEOREMA TORRICELLI PADA PEMBELAJARAN FLUIDA STATIS DENGAN METODE VIDEO ANALISIS TRACKER PENELITIAN KOMPETITIF (LPPM) ( PENELITIAN DOSEN PEMULA (LPPM) ) Simlitabmas
2023 PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN MATA KULIAH PROGRAM STUDI S-1 PENDIDIKAN FISIKA METODE TEAM BASED PROJECT PENELITIAN FMIPA ( PENELITIAN FMIPA ) Simlitabmas
2023 PENGEMBANGAN MODFIA (MODUL DIGITAL FISIKA MULTIMEDIA): SEBAGAI UPAYA PENERAPAN SDGS DALAM PERKULIAHAN MULTIMEDIA JURUSAN FISIKA FMIPA UNESA PENELITIAN FMIPA ( PENELITIAN FMIPA ) Simlitabmas
2023 PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN 5E-POW (PREDICT-OBSERVE-WRITE) BERBANTUAN SIMULASI VIRTUAL UNTUK MENURUNKAN KUANTITAS MISKONSEPSI MAHASISWA CALON GURU PADA TOPIK FLUIDA PENELITIAN KOMPETITIF (LPPM) ( PENELITIAN DOSEN PEMULA (LPPM) ) Simlitabmas
2024 PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF FISIKA BERORIENTASI PADA KEAROFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP KOMPETITIF UNIVERSITAS ( PENELITIAN FAKULTAS (FMIPA) ) Simlitabmas
2024 RINTISAN PENGEMBANGAN SMART PHYSICS INTERACTIVE EDUCATIONAL TOOLS “SPINET”: INOVASI PEMBELAJARAN DIGITAL DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA KOMPETITIF UNIVERSITAS ( PENELITIAN KOMPETITIF (LPPM) ) Simlitabmas
2024 PEGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN 7E-POW (PREDICT-OBSERVE-WRITE) BERBANTUAN SIMULASI VIRTUAL UNTUK MENURUNKAN KUANTITAS MISKONSEPSI MAHASISWA CALON GURU PADA TOPIK FLUIDA KOMPETITIF UNIVERSITAS ( PENELITIAN KOMPETITIF (LPPM) ) Simlitabmas
2024 PERAN TEKNOLOGI VR DALAM TRANSFORMASI PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS STEM SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MUTU LULUSAN SARJANA PENDIDIKAN FISIKA DI ERA GLOBAL KOMPETITIF UNIVERSITAS ( PENELITIAN PENUGASAN (LPPM) ) Simlitabmas
2024 RENEWABLE ENERGY LEARNING TECHNOLOGY (RELT): ALAT BANTU UNTUK MENGOMUNIKASIKAN ENERGI TERBARUKAN PADA PERKULIAHAN KSDAL KOMPETITIF UNIVERSITAS ( PENELITIAN FAKULTAS (FMIPA) ) Simlitabmas
Tahun Judul Kegiatan Sumber Data
2023 PENINGKATAAN KOMPETENSI PUBLIKASI ILMIAH MAHASISWA MAGISTER DAN DOKTOR BEASISWA LPDP KELURAHAN UNESA PKM FMIPA ( PKM FMIPA )
2024 PELATIHAN PEMBUATAN KIT ENERGI ALTERNATIF UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA BAGI GURU FISIKA DI NGANJUK KOMPETITIF UNIVERSITAS ( PKM FMIPA ) Simlitabmas
Tahun Judul Lembaga Nomor Jenis
2019 INSTRUMEN BLENDED LEARNING FISIKA Rosmiati, Muhammad Satriawan EC00201931617 Hak Cipta
2019 Model Pembelajaran Karakter ESD Amran Amir, Ismail Jasin, Magfirah Perkasa, Muhammad Satriawan, Muhammad Irwansyah EC00201940596 Hak Cipta
2020 Konverter Energi Gelombang Laut Sistem Pelampung Dengan Reduksi Tunggal Muhammad Satriawan, Liliasari, Wawan Setiawan, Ade Gafar Abdullah EC00202046817 Hak Cipta
2023 Lembar Kerja Mahasiswa Fisika Dasar I Seri Fluida LPPM Universitas Negeri Surabaya EC00202384429 Hak Cipta
2023 Perangkat Pembelajaran (Buku), Judul: Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Buku Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik SMA Kelas XI Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Surabaya (UNESA) EC00202354436 Hak Cipta
2023 Phoenic : Physics Digital Book Fluida Dynamic Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Surabaya (UNESA) EC00202354795 Hak Cipta
2023 PHysBook: Pocket Physics E-Book LPPM Universitas Negeri Surabaya EC00202382398 Hak Cipta
2023 Pembelajaran online PBL berbantuan buku digital dengan animasi 3D sebagai sarana meningkatkan literasi sains LPPM Universitas Negeri Surabaya EC002023111036 Hak Cipta
Tahun Judul Kategori Penerbit Kota Isbn
2023 INTERNALISASI NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL: STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOSAINS UNTUK MENINGKTAKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH DAN LITERASI SAINS BUKU AJAR PT Mitra Edukasi dan Publikasi Sidoarjo 9786238880942
2023 INTERNALISASI NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL: STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOSAINS UNTUK MENINGKTAKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH DAN LITERASI SAINS BUKU AJAR PT Mitra Edukasi dan Publikasi Sidoarjo 9786238880942
Tahun Judul Jurnal Q Sinta Tautan
2010 PENERAPAN STRATEGI RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2009/2010 Universitas Mataram Buka Tautan
2016 Pengembangan bahan ajar fisika berbasis kontekstual dengan mengintegrasikan kearifan lokal untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika pada mahasiswa JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains) 6 (1), 1212-1217 Buka Tautan
2017 Pembelajaran Fisika Berbantuan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual dengan Mengintegrasi Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 8 (2) Buka Tautan
2017 Development of physics teaching materials based-contextual by integrated local wisdom to improve mastery of physics concept Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF) 1, 200-205 Buka Tautan
2017 PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS KARAKTER MAJA LABO DAHU UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA Buka Tautan
2018 Pengambangan Perangkat Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMAN 1 Ambalawi Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Dan Pendidikan (LPP) Mandala … Buka Tautan
2018 KAJIAN AKSIOLOGI: ELABORASI NILAI-NILAI MORAL DALAM KONSEP MEKANIKA SEBAGAI UPAYA UNTUK MEMBENTUK GENERASI EMAS YANG BERKARAKTER OSF Preprints Buka Tautan
2018 Pembelajaran Fisika Melalui Strategi Reciprocal Teaching Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik OSF Preprints Buka Tautan
2018 Pembelajaran Fisika Melalui Lesson Study Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengajar Pendidik Dan Hasil Belajar Peserta Didik OSF Preprints Buka Tautan
2018 Learning Physics Through The Cooperative Model of the Type of TAI Observed from Metacognitive Skills Against Cognitive Learning Outcomes OSF Preprints Buka Tautan
2018 Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Yang Berorientasi Pada Model Pengajaran Langsung Pada Materi Entropi Dan Perubahannya OSF Preprints Buka Tautan
2019 Model pembelajaran berbasis nilai pendidikan karakter untuk generasi indonesia abad 21 Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan 22 (2), 233-242 Buka Tautan
2019 Developing Education for Sustainable Development-Oriented-Character Learning Model for Indonesian Golden Generation Asian Social Science 15 (12), 87-93 Buka Tautan
2019 Pengembangan Model Pembelajaran Karakter ESD untuk Meningkatkan Sikap Abad 21 Siswa SMA Seminar Nasional Taman Siswa Bima 1 (1), 366-373 Buka Tautan
2019 The ocean climate phenomenon: the challenges of earth physics lectures in Indonesia Journal of Physics: Conference Series 1157 (3), 032038 Q4 Buka Tautan
2019 Wave energy concept mastery relate on creative thinking skills of the pre-service physics teachers in environmental physics lectures Journal of Physics: Conference Series 1157 (3), 032044 Q4 Buka Tautan
2019 Assessing students 21st century attitude and environmental awareness: promoting education for sustainable development through science education Journal of Physics: Conference Series 1157 (2), 022025 Q4 Buka Tautan
2020 Low-cost ocean wave energy converter kit as a teaching tool of a new alternative energy source Physics Education 55 (5), 055019 Q3 Buka Tautan
2020 Measuring level of reflective thinking of physics pre-service teachers using effective essay argumentation Reflective Practice 21 (4), 565-586 Q1 Buka Tautan
2020 Internalisasi Nilai Karakter dalam Pembelajaran Sains Berbasis Model Pembelajaran Karakter ESD Untuk Mempersiapkan Generasi Emas 2045 OSF Preprints Buka Tautan
2020 Physics learning based contextual problems to enhance students’ creative thinking skills in fluid topic Journal of Physics: Conference Series 1521 (2), 022036 Q4 Buka Tautan
2020 Analysing of pre-service physics teachers critical thinking skills profile in ocean wave energy topic Journal of Physics: Conference Series 1521 (2), 022041 Q4 Buka Tautan
2020 Fluid experiment design using video tracker and ultrasonic sensor devices to improve understanding of viscosity concept Journal of Physics: Conference Series 1521 (2), 022039 Q4 Buka Tautan
2020 Adaptasi dan Mitigasi Bencana alam untuk mahasiswa calon guru fisika melalui pengembangan LKM Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 11 (1), 1-8 Buka Tautan
2020 Implementation of education for sustainable development to enhance Indonesian golden generation character Journal of Physics: Conference Series 1521 (4), 042102 Q4 Buka Tautan
2020 Analysis of Pre-Service Teachers' Reflective Thinking Ability Profile on Earth Physics Lectures Jurnal Pendidikan Fisika 8 (1), 56-63 Buka Tautan
2021 Efektivtias Pembelajaran Ipa (Fisika) Secara Daring Melalui Model Open Ended Learning Ditengah Wabah Covid-19 Dalam Membekalkan Keterampilan Berpikir Kritis Gravity Edu: Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika 4 (2), 28-31 Buka Tautan
2021 A contextual semi assisted project-based learning (SA-PjBL) about ocean wave energy: Creative thinking of pre-service physics teachers Momentum: Physics Education Journal, 132-141 Buka Tautan
2021 Designing of Environmental Physics Course Instruments about Ocean Wave Energy to Enhance Students' Creative Thinking Skills Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA) 11 (1), 1-15 Buka Tautan
2021 A Contextual Semi-Assisted Project-Based Learning on Ocean Wave Energy: Pre-service Physics Teachers’ Perceptions Jurnal Pendidikan Fisika 9 (1), 1-13 Buka Tautan
2021 Unlimited energy source: a review of ocean wave energy utilization and its impact on the environment Indonesian Journal of Science and Technology 6 (1) Q1 Buka Tautan
2021 The students’ physics problem solving skills in basic physics course Journal of Physics: Conference Series 1731 (1), 012078 Q4 Buka Tautan
2022 Improving Critical thinking skills (CTS) of students through wave energy learning project (WELP) on environmental physics lecture Journal of Physics: Conference Series 2392 (1), 012038 Q4 Buka Tautan
2022 Pengembangan modul digital materi kebumian untuk meningkatkan literasi iklim di indonesia OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika 6 (2), 177-189 Buka Tautan
2022 Simple floating ocean wave energy converter: Developing teaching media to communicating alternative energy JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains) 12 (1), 1-13 Buka Tautan
2022 Pembelajaran fisika tentang “sumber energi terbarukan” berbantuan prototipe konverter sistem reduksi ganda untuk meningkatkan hasil belajar siswa Navigation Physics: Journal of Physics Education 4 (1), 56-62 Buka Tautan
2023 Suitability of Torricelli’s Theorem Formulation in Cases of Leaking Reservoirs with Video Analysis Tracker Journal of Physics: Conference Series 2623 (1), 012021 Q4 Buka Tautan
2023 Dasar-Dasar Pengembangan Bahan Ajar: Berorientasi pada Pembelajaran Berbasis Proyek Mitra Edukasi dan Publikasi Buka Tautan
2023 Pengembangan Media Pembelajaran ARDI (AR-Digital Book) Berbasis Augmented Reality 3D Animated Pada Materi Induksi Elektromagnetik Inovasi Pendidikan Fisika 12 (2), 54-64 Buka Tautan
2023 Analysis of the pre-service physics teacher’s ability to develop SDGs-oriented multimedia E3S Web of Conferences 450, 01008 Buka Tautan
2023 Identification of Student Misconception about Dynamic Fluid European Online Journal of Natural and Social Sciences, 43-52 Buka Tautan
2023 The dHOTLearn Model to Improve Critical Thinking Skills of Physics Education Program Undergraduate. Journal of Higher Education Theory & Practice 23 (19) Q4 Buka Tautan
2023 Peningkatan Karya Tulis Ilmiah di Indonesia: Dampak Workshop terhadap Mahasiswa Magister dan Doktor Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 5 (4), 1541-1547 Buka Tautan
2023 Internalisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal: Strategi Pembelajaran Berbasis Etnosains untuk Meningktakan Keterampilan Pemecahan Masalah dan Literasi Sains Mitra Edukasi dan Publikasi Buka Tautan
2023 Prediction of El Niño La Niña & Indian Ocean Dipole Phenomena Using the ARIMA Model by Prospective Teachers in Indonesia Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 9 (10), 8730-8744 Buka Tautan
2023 Pembelajaran Online-PBL Berbantuan Buku Digital dengan Animasi 3D Sebagai Sarana Meningkatkan Literasi Sains Mitra Edukasi dan Publikasi Buka Tautan
2023 Integration of independent learning and physics innovation in STEAM-based renewable energy education to improve critical thinking skills in the era of Society 5.0 for … E3S Web of Conferences 450, 01010 Buka Tautan
2024 Development of Predict-Observe-Write (POW) learning model to improve student’s understanding of concepts on the topic of fluids Journal of Physics: Conference Series 2684 (1), 012005 Buka Tautan
2024 Investigating the Pedagogic Competence of Pre-Service High School Teachers in Terms of Learning Planning Abilities Studies in Learning and Teaching 5 (1), 20-29 Buka Tautan
2024 Exploring global dynamics of sustainable environmental sciences in climate change mitigation for sustainable development E3S Web of Conferences 513, 03014 Buka Tautan
2024 Perceptions of pre-service elementary school teachers toward education for sustainable development through character education E3S Web of Conferences 513, 04010 Buka Tautan
2024 Research Trends on Ethnoscience in Physics Learning (EPL): A Bibliometric Network Analysis Studies in Learning and Teaching 5 (1), 268-281 Buka Tautan
2024 How to Promote the Ability of Physics Teaching Materials Development through Team-Based Project Learning? An Action Research Evidence Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika 10 (1), 15-26 Buka Tautan
2024 Ocean wave energy learning project (OWELP): a program to communicate alternative energy technology Research in Science & Technological Education, 1-24 Buka Tautan
2024 Designing ocean climate lecture-based prediction-argumentation to improve reflective thinking of pre-service teacher in Indonesia Reflective Practice 25 (6), 733-746 Buka Tautan
2024 Uniting cultures and promoting sustainable education: Batik diplomacy for Indonesian students in Taiwan to Support the SDGs E3S Web of Conferences 568, 04006 Buka Tautan
2024 The Role of NGOs in Indonesia-Australia Cooperation Through the KOMPAK Program to Support the SDGs of Quality Education in Papua and West Papua International Journal of Artificial Intelligence Research 8 (1.1) Buka Tautan
2024 Development of multimedia oriented to local wisdom to improve students’ understanding of physics concepts Journal of Physics: Conference Series 2900 (1), 012046 Buka Tautan
2024 Measuring pre-service physics teachers’ ability to create renewable energy learning media through project-based learning Journal of Physics: Conference Series 2900 (1), 012048 Buka Tautan
2024 Design of reflective-Sustainable development education oriented project-based learning platform for elementary school students in Indonesia Multidisciplinary Science Journal Buka Tautan
2024 Designing e-Book of Basic Physics Fluid Series with Assistant of Virtual Laboratory to Improve Critical Thinking Skills Physics Education Research Journal 6 (2), 75-84 Buka Tautan
2024 Training on Making Alternative Energy Kits to Support Independent Curriculum Learning for Physics Teachers in Nganjuk Regency Journal of Dedication in Community 2 (2), 1-7 Buka Tautan
2024 Analysis of Science Literacy Profile and Development of E-Book Interactive Learning Media for Junior High School Students on Earth Structure Material Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika 10 (2), 409-420 Buka Tautan
2024 Statement of Peer review Buka Tautan
2024 Integrating Digital Books, 3D Animations, and Online Problem-based Learning to Improve Pre-service Teachers’ Scientific Literacy in General Physics Course Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA) 14 (2), 169-183 Buka Tautan
2024 A EFA Analysis of Digital Technology Teaching Materials in Improving Students' Critical Thinking in Physics Learning JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 23-38 Buka Tautan
2025 Analyzing Students' Misconceptions Based on Submicroscopic Level Representation in Elements, Compounds, and Mixtures Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 11 (2), 25-34 Buka Tautan
2025 Analysis of Student Interest in Entrepreneurship Oriented Chemistry Learning Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 11 (2), 224-234 Buka Tautan
2025 BUKU DIGITAL BERBASIS MEDIA PEMBELAJARAN AR DAN PERMAINAN MAZE CHASE PADA MATERI MEDAN MAGNET Al-Irsyad Journal of Physics Education 4 (1), 43-55 Buka Tautan
2025 Measuring Scientific Literacy of Students’ Through Environmental Issues Based on PISA 2025 Science Framework Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 11 (3), 44-53 Buka Tautan
2025 Analysis of Scientific Literacy Ability Based on Energy Conservation Socio-Scientific Issues (ECSSI) of High School Students Buka Tautan